Rekomendasi Laptop Gaming Murah Terbaik 2023

Dengan banyaknya laptop gaming murah yang beredar di pasaran saat ini, banyak konsumen yang menginginkan laptop gaming dengan anggaran minimalis namun memiliki performa yang mumpuni. Dan berikut ini adalah 5 rekomendasi laptop gaming entry level terbaik 2023!

HP Victus FA0011TX

Pertama ada Victus 15 FA0011TX, salah satu laptop entry level dari Victus yang bisa dibilang membawa perubahan besar di zamannya dengan upgrade di sana-sini, termasuk layar yang sudah 144Hz. Laptop ini juga memiliki desain yang minimalis untuk kelas laptop gaming menurut saya, pada bagian cover hanya terdapat logo victus yang berwarna hitam mengkilap, selebihnya bersih.

Untuk urusan performa, laptop ini ditenagai oleh CPU Intel Core i5 12500H dengan konfigurasi 12 core 16 thread yang memiliki boost clock hingga 4.5GHz, yang dikenal memiliki performa sangat kencang untuk kelas Intel Core i5.

Dan ketika kami menguji suhu pada beban penuh, suhu berada pada 72 derajat Celcius! bagus. Performa gamingnya juga masih tergolong oke, game seperti farcry, shadow of the tomb raider bisa stabil di atas 50 fps. Sementara untuk game kompetitif, aman di atas 150 an++ fps. Untuk harganya, terakhir kali kami cek di Tokopedia, berada di kisaran 12 juta 99 ribu rupiah, turun cukup banyak dibanding tahun lalu saat kami mengulasnya.

Lenovo Ideapad Gaming 3 15IAH7

Berikutnya, pilihan laptop lain dengan spesifikasi yang mirip dengan i5 12500H RTX 3050, ada Lenovo ideapad Gaming 3 15IAH7, laptop yang pada zamannya, memiliki perubahan yang cukup masif dibanding Ideapad gaming 3 generasi sebelumnya, feel-nya terlihat seperti legion namun versi lite, terutama dari sisi knalpot.

CPU GPU nya sama dengan HP Victus FA0011TX yang berarti performanya juga mirip, yang paling beda adalah displaynya, sudah 165Hz plus 100% sRGB, jadi untuk gaming akan terasa lebih halus dan warna-warnanya akan keluar, bahkan cakupan color gamut nya luas kan, jadi lebih baik.

Ditambah lagi, sistem pendingin juga terlihat lebih canggih pada Ideapad Gaming 3 ini. Nah, hal ini juga yang akhirnya membuat selisih harga yang lumayan, sekitar 1 juta, jika victus berada di angka 12 juta, kini ideapad gaming 3 berada di angka 13,7 juta.

MSI GF63Thin 12VE

Nah, hal ini juga yang akhirnya membuat selisih harga yang lumayan, sekitar 1 juta, jika victus berada di angka 12 juta, kini ideapad gaming 3 berada di angka 13,7 juta. Laptop yang benar-benar berfokus pada pengejaran performa GPU.

Secara spesifik, CPU-nya menggunakan Intel Core i5 12450H, CPU intel generasi ke-12 yang memang performanya berada di bawah i5 12500H dengan gap yang cukup jauh. Namun saat kami mengujinya, laptop ini masih bisa dipasangkan dengan GPU RTX 4050.

Kalau soal desain, sebenarnya lebih kepada preferensi, hanya dari segi tampilan, jadul, dan klasik saja, dengan gaya laptop 3-4 tahun lalu gf63 tipis. Nahh untuk performa gaming, terlihat impresif juga, laptop ini di kelas harganya, seperti F1 2022 di preset High bisa mendapatkan 126 avg fps, ini adalah pengujian kami yang sebenarnya, bagi yang mau cek video lengkapnya ada di atas.

Acer Nitro 5 AN515

Selain itu, ada juga laptop yang berfokus pada harga dan performa, yaitu Acer Nitro 5 AN515. Secara gaya, laptop ini sejujurnya terlihat khas dengan gaya Acer Nitro pada zamannya. dengan aksen merah seperti itu dengan faktor bentuk yang cukup besar.

Dari segi spesifikasi, laptop ini menggunakan Intel Core i7 11800H, plus GPU RTX 3050Ti, yang memang bukan yang terbaru, namun menurut saya dan pengalaman beberapa tim yang masih menggunakan Intel gen 11 seri H, masih nyaman untuk penggunaan sehari-hari maupun gaming. Selain itu, untuk performa gaming, game seperti CoD Warzone, rata-rata masih aman di kisaran 90-an fps.

Dan untuk harganya, sungguh menarik, saat kami cek di Tokopedia, laptop ini dijual dengan harga mulai dari 12,8 juta rupiah. Bagus sekali!

Axioo Pongo

Terakhir, ada merek laptop gaming lokal yang 3 bulan lalu sempat hype banget di pasar Indonesia, yaitu Axioo Pongo 5. Sebuah laptop gaming lokal yang cukup menggemparkan dunia laptop Indonesia, bukan hanya karena spesifikasinya yang anti mainstream, tetapi karena keberanian mereka juga memutuskan untuk masuk ke segmen laptop gaming yang merupakan pasar yang sangat ramai.

Untuk spesifikasi utama, yang kami rekomendasikan di video ini adalah CPU desktop Intel Core i5 11400, desktop lho, bukan laptop, konfigurasinya 6 core 12 thread dan boost clock hingga 4.4GHz.

Mengapa saya memilih untuk merekomendasikan yang satu ini, karena dalam hal daya mentah, potensi kinerja, sejauh pengujian yang saya lakukan, versi i5 memiliki potensi yang lebih besar daripada i7 yang tampaknya terbatas.

Lebih jauh lagi, untuk performa game, game seperti Hogwarts Legacy, pada pengaturan medium 1080P, fps rata-rata berada di kisaran 70-an fps. yang ketika kami cek, di banyak skenario, ternyata performa gamingnya mirip dengan laptop Omen 16 C0092AX yang memiliki kelas harga di atas laptop ini.

Selain skenario gaming normal, kami juga menguji laptop ini dengan skenario stress test 3DMark, khususnya Fire Strike Extreme, yang sayangnya hasilnya hanya berada di kisaran 95%, dengan penarikan daya hingga 203W selama stress test.

Yap, kestabilan performa harus diakui menjadi sisi yang harus ditingkatkan Axioo di laptop semacam ini, agar manajemen panasnya lebih oke dan memberikan pengalaman performa yang mulus dan stabil.

Penutup

Nah itu tadi 5 laptop gaming pilihan Pemmzchannel di rentang harga 12-13 juta di bulan Juli 2023, semoga salah satunya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari laptop gaming di rentang harga tersebut, punya pendapat mengenai hal ini? comment directly below!

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*